Khamis, 5 Mac 2009

BAHAYA PLASTIK


KODE PLASTIK
Kita tidak pernah terlepas dari plastik, dari asesoris kamar mandi, mobil, peralatan rumah tangga hingga peralatan makan semuanya terbuat dari bahan plastik. tapi tahukah anda bahwa tidak semua bahan plastik ramah dengan lingkungan, bahkan beberapa diantarannya sangat berbahaya bagi kesehatan kita. sebaiknya kita mengetahui bahan dasar pembuatan plastik dalam peralatan kita sehingga kita dapat menggunakannya dengan bijak.
menurut The Society of Plastic Industry, kategori plastik dibagi dalam beberapa jenis :
Jenis satu
Tertera logo daur ulang dengan lambang angka “1” dalam segitiga. Terdapat tulisan PETE atau PET berjenis bahan Polyethylene terephthalate.
Penggunaan kemasan plastik makanan/minuman berjenis satu direkomendasikan sekali pakai. Apabila bercampur dengan air hangat atau panas dapat merusak lapisan polimer dan mengeluarkan zat karsinogenik dapat menyebabkan kanker.
Jenis dua
Tertera logo daur ulang dengan angka “2” dalam segitiga. Terdapat tulisan HDPE (high density polyethylene) memiliki sifat lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan suhu tinggi. Merupakan salah satu jenis plastik yang aman untuk kemasan makanan dan minuman karena kemampuannya mencegah reaksi kimia. Direkomendasikan hanya sekali pakai karena seiring waktu pelepasan senyawa antimony trioksida meningkat.
Jenis tiga
Tertera logo daur ulang, terkadang berwarna merah dengan angka “3” dalam segitiga. Terdapat tulisan V yang berarti PVC polyvinyl chloride yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Reaksi yang terjadi antara makanan dengan bahan ini dapat menimbulkan gangguan pada ginjal, hati dan berat badan. Tidak disarankan menggunakan jenis ini untuk makanan/minuman.
Jenis empat
Tertera logo daur ulang dengan angka “4” dalam segitiga. Terdapat tulisan LDPE low density polyethylene yaitu jenis plastik tipe coklat (thermoplastic) dibuat dari minyak bumi. Sifat plastik jenis ini: kuat, tembus cahaya, flesibel dan berlemak pada permukaan. Daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, kurang baik bagi gas lain seperti oksigen. Bahan LDPE sulit dihancurkan tetapi tergolong baik untuk kemasan makanan karena memiliki resistensi baik terhadap reaksi kimia.
Jenis lima
Tertera logo daur ulang dengan angka “5” dalam segitiga. Terdapat tulisan PP yang berarti polypropylene, kareakteristik transparan dan tidak jernih atau berawan, lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Jenis ini adalah terbaik untuk kemasan makanan/minuman.
Jenis enam
Tertera logo daur ulang dengan angka “6” dalam segitiga. Terdapat tulisan PS polystyrene biasanya dalam bentuk Styrofoam. Merupakan jenis polimer aromatik yang dapat mengeluarkan styrene kedalam makanan. Bahan serupa terdapat dalam asap rokok, asap kendaraan dan bahan bangunan. Bahan ini hendaknya dihindari karena berbahaya bagi kesehatan otak, hormon estrogen pada wanita yang mengganggu masalah reproduksi dan sistem syaraf.
Jenis tujuh
Terdapat logo daur ulang dengan angka “7” dalam segitiga serta tulisan other. Jenis 7 other terbagi dalam empat jenis :
1. SAN (styrene acrylonitrile)
2. ABS (acrylonitrile butadiene styrene)
3. PC (polycarbonate)
4. NYLON
SAN dan ABS memiliki resistensi tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan dan kekakuan dan tingkat kekerasan yang tinggi. Jenis kode angka “7” SAN dan ABS merupakan salah satu jenis yang baik untuk kemasan makanan/minuman.
Sementara untuk jenis kode angka “7” PC (polycarbonate) dianjurkan untuk tidak digunakan dalam kemasan makanan/minuman kerena mengeluarkan bahan utamnya Bisphenol-A kedalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak system hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma dan mengubah fungsi imunitas.

TIPS DALAM MENGGUNAKAN PLASTIK
  • Harus berhati-hati dalam menggunakan plastik, khususnya kode : 1,3,6 dan 7 PC karena bahaya reaksi kimiawi. Gunakan hanya sekali pakai saja.
  • Kode plastik yang tergolong aman adalah : 2, 4, 5 dan 7 SAN dan ABS
  • Penggunaan kode 1 PET dan kode 2 HDPE dianjurkan hanya sekali pakai
  • Apabila penggunaan plastik tidak dapat dicegah maka pilih jenis yang aman kode : 4 dan 5
  • Hindari mengemas makanan/minuman pada suhu tinggi. Zat warna dalam plastik dapat larut menjadi racun berbahaya bagi kesehatan. Jangan menggunakan bahan plastik untuk memanaskan makanan.
  • Bergantilah pada kemasan berbahan kaca atau stainless steel

Tiada ulasan:

Catat Ulasan